Selasa, 25 September 2012

Komunikasi DATA


Komunikasi, Telekomunikasi, dan Komunikasi Antar Komputer/ Computer network/ Data Communication
A.   Komunikasi
Bernard & Carry A Stainer menyebutkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan, emosi, ketrampilan dsb, dengan menggunakan lambing-lambang
Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem symbol bersama. Komunikasi dapat terjadi apabila ada 2 atau lebih orang/terminal yaitu terminal pengirim(transmitter) dan terminal penerima (Receiver) dan terdapat kesamaan bahasa antara kedua belah pihak. Informasi yg dikirim dapat berbentuk voice, video, dan data.

Description: http://blog.ub.ac.id/widiapermana/files/2011/03/SISTEL1-300x102.jpg

B.   Telekomunikasi
Dahulu, definisi Telekomunikasi adalah komunikasi informasi yg dilaksanakan secara jarak jauh (tele=jauh). Akan tetapi, untuk saat ini definisi telekomunikasi adalah semua komunikasi yang menggunakan alat bantu komunikasi (elektronik), baik dengan jarak jauh maupun jarak dekat.
Komponen inti sistem telekomunikasi :
·         Komputer untuk memproses informasi
·         Terminal/ perangkat input/output yang bisa mengirim atau menerima data
·         Saluran komunikasi
·         Procecor komunikasi yang memberikan dukungan untuk transmisi data.
·         Perangkat lunak komunikasi.
Terdapat 2 jenis Telekomunikasi :
·         Telekomunikasi ONWIRE/ BY WIRE, sistem telekomunikasi yang menggunakan media wire atau kabel
·         Telekomunikasi WIRELESS, sistem telekomunikasi yang tidak menggunakan media wire/ kabel

C.   Komunikasi Data
Komunikasi Data tidak bisa terlepas dengan teknologi computer. Computer, merupakan media komunikasi data, baik sebagai sumber informasi, atau pengolah data dan transmisi serta penyambungannya. Perangkat computer/ media yang melakukan penyesuaian bahasa antara komunikator dan komunikan disebut perangkat antarmuka (interface).
Jadi, pengertian komunikasi Data adalah bagian dari komunikasi dan telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi/ pemindahan data dan informasi diantara computer- computer dan piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.
Sedangkan Sistem Komunikasi Data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses computer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa hingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Komunikasi data sendiri memiliki 3 elemen utama yaitu:
1.      Sumber data (elemen yang bertugas untuk mengirimkan informasi atau data, dilengkapi dengan Transmitter)
2.      Media Transmisi (media yang menghubungkan antara sender dan receiver (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan bermacam-macam cara untuk diubah kembali menjadi data)
3.      Penerima data (elemen / media yang bertugas menerima informasi / data, dilengkapi dengan Receiver)


Pengpalikasian Komunikasi Data saat ini :
1.      Reservasi Tiket secara online
2.      Mesin ATM pada perbankan Bank dengan sistem online
3.      Internet & E-mail
4.      Teleconference (audio/video)
5.       LAN / WAN

D.   Jaringan Komputer/ Jaringan Komunikasi Data
Jaringan Komputer/ komunikasi data adalah sekumpulan computer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protocol dan media transmisi tertentu.
International Organization of Standardization didirikan pada tahun 1946, organisasi ini menciptakan arsitektur standar Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri dari sebuah model 7 lapisan, Tingkat-tingkatannya dirinci sehingga fungsi yang tepat dari masing-masing lapisan komunikasi dapat terdefinisikan dengan jelas.
Selain Standar bagi arsitektur jaringan, dibutuhkan pula suatu protocol. Protokol adalah spesifikasi dari format data yang dikirimkan diantara alat-alat komunikasi. IBM dan perusahaan – perusahaan lain mengembangkan protokol- protokol  komunikasi, antara lain: System Network Architecture (SNA), Token Ring, dan Ethernet.
Yang Paling penting dalam suatu Jaringan Komputer/ Data adalah
1.      Komputasi Client/Server
sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam computer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, laptop, atau perangkat genggam
2.      Penggunaan Paket Switching/ Paket Data
Paket Data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat computer yang dituju, computer pengirim, dan informasi kendali lainnya.
3.      Transmission Control Protocol/Internet Protocol
TCP bertugas menjalankan komunikasi melalui jaringan diantara dua computer.
IP menangani paket-paket sehingga mereka dapat dijalankan diantara computer computer pada suatu jaringan komunikasi.
4.      Alamat Jaringan Internet
Setiap computer yang menangani paket data harus memiliki satu alamat yang unik. Alamat IP adalah 4 bagian kumpulan angka (yang masing-masing antara 0 hingga 255) yang dipisahkan oleh titik.
Terdapat beberapa struktur Jaringan, antara lain LAN, CAN, MAN, dan WAN
LAN adalah sekumpulan computer dan perangkat-perangkat lainnya yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama khususnya menghubungkan computer-komputer yang berjarak dekat secara fisik.
CAN adalah sebuah jaringan interkoneksi beberapa area lokal (LAN) dalam kampus universitas atau kampus perusahaan. jaringan area Sebuah jaringan area kampus adalah lebih besar dari jaringan area lokal tetapi lebih kecil dari suatu jaringan area metropolitan (MAN)
MAN suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Jarak yang dijangkau ini membedakan antara MAN dan LAN, jika LAN menghubungkan computer- komputer dalam suatu ruangan/ depatemen dari suatu gedung,  maka MAN  mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite didalam suatu gedung (seluruh departemen).
WAN adalah jaringan komunikasi data yang secara geografis mencakup area yang sangat luas, lingkup nasional, regional dan global dan sering menggunakan sarana fasilitas transmisi umum seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Karena koneksi Internet semakin luas, fungsi WAN digantikan oleh Internet.
Ada 2 alasan yang menyebabkan sistem computer dipusatkan ke sebuah jaringan adalah:
1.      Beberapa organisasi selalu mempunyai computer yang operasionalnya sering pada lokasi yang terpisah atau terbagi
2.      Sasaran yang kedua adalah untuk menentukan pencapaian yang tinggi oleh sumber daya alternative dari persediaan.
Topologi jaringan adalah jenis/tipe dan metode jaringan yang biasanya digunakan dalam suatu jaringan computer atau komunikasi data, beberapa diantaranya yang paling sering digunakan adalah:
1.      Topologi Bus
Pada topologi ini computer yang dengan computer yang lain dihubungkan  dengan saluran/ jalur data yang terbagi 2 sisi/deret, sehingga bentuk jalur tersebut menyerupai bus, semua computer memiliki status dan peranan yang sama. Kelemahan topologi ini apabila pada salah satu sisi terdapat satu saja computer yang rusak, maka satu deret/sisi tersebut tidak dapat berfungsi.
2.      Topologi Ring
Merupakan topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi dengan kedua titik lainnya, dan membentuk jalur melingkar seperti cincin, Keuntungannya jika salah satu computer rusak, maka tidak akan menggangu jalannya komunikasi antar computer yang lainnya.
3.      Topologi Star
Terdiri dari computer host (central node) yang terhubung ke beberapa computer/ terminal yang lebih kecil. Central node berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawab komunikasi dalam suatu jaringan. Keuntungan dari topologi ini masing-masing computer tidak tergantung dengan computer lainnya. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu computer akan segera bisa diperbaiki tanpa menggangu computer lainnya.
4.      Topologi Tree
Disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat, biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan herarki yang berbeda.
5.      Topologi Linier
Biasa disebut dgn topologi bus Linier, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan Penyambung-T & pd ujungnya harus diakhiri dgn sebuah penamat (terminator).
6.      Topologi Mesh
Suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya dalam suatu jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar